Plat-Bordes

Apa itu Plat Borders? Ternyata ini Kegunaannya!

Hai Bilders, kali ini Indobild akan sharing ke kalian terkait Plat Borders. Kalian tahu apa itu Plat Borders, Material yang satu ingin sangat mudah ditemukan di tempat umum seperti transportasi umum. Material yang satu ini merupakan salah satu dari banyaknya jenis plat besi.

Ya.. itu dinamakan Plat bordes umumnya digunakan untuk keperluan desain eksterior, seperti dijadikan sebagai dasar dari anakan tangga pada bagian luar ruangan. Lantai Parkir, Hampir sebagian lahan parkir, terutama di mal-mal, umumnya dibangun di atas bahan beton. Penggunaan plat bordes juga pada lantai lift juga umum digunakan oleh berbagai perusahaan konstruksi. Sebagai sarana umum yang mementingkan keamanan dan kenyamanan, plat besi ini juga sangat efektif untuk pemasangan lantai elevator.

Namun, jika kamu ingin lebih hemat dan praktis, penggunaan plat bordes bisa pula diaplikasikan di sejumlah titik.

Pemilihan plat bordes ini ditujukan untuk menghindari licin yang mungkin disebabkan karena adanya genangan air, sedangkan, plat kembang biasanya dipilih untuk desain interior, misalnya seperti keperluan lantai bagian dalam, lalu pijakan di mobil-mobil angkutan umum, hingga ada juga yang menjadikannya sebagai campuran dari bahan dinding dan juga plafon. 

Jenis ini juga kerap ditemukan penggunaannya pada interior dapur dan kamar mandi. Namun walaupun berbeda, sebenarnya tujuan penggunaannya tetap sama, yaitu untuk menghindari kemungkinan terpeleset, karena permukaan yang licin.

Rata-rata Plat bordes mempunyai ukuran panjang dan lebar yang baku yakni 120 x 240 cm. Sedangkan ketebalan yang dimilikinya bervariasi dari mulai 2,3-8 mm. Tetapi untuk mendukung pekerjaan sehari-hari biasanya cukup menggunakan plat bordes dengan ketebalan antara 2,3-3,0 mm. Saat ini cukup mudah untuk bisa menemukan plat bordes di toko bangunan mengingat material ini cukup populer serta ada banyak pula orang yang membutuhkannya. Harganya bervariasi tergantung tingkat ketebalannya.

Baca Juga: Besi Hollow pada Plafon, Apa Kelebihannya?

Source: Asia Jaya Steel (Plat Bordes Modern)

Ada 2 jenis plat bordes:

  1. Plat bordes ini terbuat dari besi baja. Umumnya dipilih jenis baja yang mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap karat seperti galvanis. Plat bordes galvanis adalah plat baja yang ukurannya 1,2 meter x 2,4 meter. Beberapa plat bordes juga sengaja diberi tambahan aluminium serta baja hitam untuk mencegah terjadinya karat. Proses pembuatannya dilakukan secara modern menggunakan teknologi hot rolling. Plat bordes ini sendiri tersedia dalam bentuk lembaran yang memiliki ukuran bentang dan tingkat ketebalan yang bermacam-macam.
  1. Plat bordes stainless steel yaitu mempunyai finishing 2B dengan warna silver doff. Tapi seiring dengan perkembangannya, maka saat ini plat bordes stainless steel memiliki wujud yang sangat unik. Bahkan ada pula plat bordes yang wujudnya menyerupai cermin yang dapat memantulkan bayang atau kaca yang memiliki wujud bening/transparan. Motifnya pun bermacam-maca seperti hairline, garis-garis halus memanjang, serta bening kaca agak berkabut. Juga biasanya digunakan untuk pelapis dinding atau kolom gedung.

Baca Juga: Material Lantai: Pilih Keramik atau Ubin Porselen?

Harga Plat Borders rata-rata sekitar Rp.500.000 – Rp.1.500.000 , tergantung ukurannya.

Plat bordes mempunyai kelebihan di antaranya permukaannya kasar (ada kembangan), keausan rendah, dan tahan terhadap cuaca. 

Oleh karena itu, plat bordes pun banyak sekali digunakan di dalam konstruksi bangunan. Kekhasannya yaitu plat bordes mempunyai permukaan yang kasar dengan pola-pola timbul yang berbentuk jajar genjang di salah satu permukaannya yang terbuat dari baja tahan karat (galvanis). 

Sehingga plat bordes juga kerap disebut sebagai plat berlian. Apalagi tangga adalah suatu bangunan tinggi dan riskan dan harus diberi pengaman ekstra untuk membuat orang yang berjalan di atasnya tetap aman. Bahan dasar dari plat bordes yaitu besi baja membuat tangga dan lantai kita awet dan kuat. Tingkat keausan yang dimiliki oleh plat bordes sangat rendah sehingga dipastikan akan menghemat biaya renovasi atau perbaikkan. Selain itu, plat ini juga digunakan untuk mendukung dekorasi ruangan.

Kalau masih belum paham, ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu saja bersama jasa tukang bangun atau renovasi rumah yang lebih ahli. #BersamaIndobild

Yuk segera rencanakan konsep rumah Kamu. Yuk, mulai dengan konsultasi bersama jasa tukang bangun atau renovasi rumah yang lebih ahli.

Mari belajar #BersamaIndobild tentang lebih banyak hal seputar dunia konstruksi.

#BersamaIndobild #SemuaBeres

Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian
Bersama Indobild, Kamu dapat mengkonsultasikan segala permasalahan rumah secara GRATIS dan langsung mencari kontraktor atau tukang yang terpercaya dengan lebih aman & praktis!

Konsultasi Sekarang

Artikel Lainnya

Filter

filtermitra
Butuh bantuan?